Senin, 26 Juni 2017

Pelayanan Kesehatan Puskesmas 24 Jam

id Pelayanan Kesehatan Puskesmas 24 Jam
Pelayanan Kesehatan Puskesmas 24 Jam
Pemerintah Kota Tangerang melakukan inovasi peningkatan pelayanan dengan membuat puskesmas yang beroperasi selama 24 jam. (Irfan / Antara)
Tangerang (Antara News) - Kesehatan merupakan salah satu kebutuhan dasar masyarakat yang tak bisa ditunda - tunda. Maka itu, Pemerintah Kota Tangerang melakukan inovasi peningkatan pelayanan dengan membuat puskesmas yang beroperasi selama 24 jam.

Dengan adanya layanan puskesmas 24 jam tersebut, maka masyarakat bisa mendapatkan layanan kegawat daruratan kapan saja tanpa harus datang ke Rumah Sakit kecuali jika memang harus dirujuk.

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, tujuan dari dibangunnya puskesmas 24 jam adalah untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara penuh. Hal ini pun sesuai dengan program Pemkot Tangerang yakni mengajak masyarakat menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) melalui Kampung Sehat yang terintegrasi dengan Tangerang Sehat.

Kampung Sehat Berbasis PHBS adalah kampung yang penduduknya memiliki sumber daya dan kemampuan serta kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah kesehatan secara mandiri dengan akses pelayanan kesehatan yang terjangkau.

"Dengan adanya puskesmas 24 jam di setiap wilayah, maka akan sangat mudah dijangkau oleh masyarakat dan bisa mengatasi maupun mencegah masalah kesehatan dengan penyuluhan atau pembinaan kepada masyarakat," kata Walikota Tangerang Arief R Wismansyah.

Hal ini pun didukung dengan adanya layanan Pelayanan Kesehatan Berbasis Teknologi Informasi sehingga akan semakin memudahkan. Misalnya saja SMS Gateway yang merupakan Layanan berbasis SMS untuk mendaftar di puskesmas tanpa harus antri. 

Layanan Home Care yang merupakan layanan kunjungan dokter ke rumah warga dengan tujuan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Termasuk mobil ambulance gratis yang bisa dihubungi kapan saja.

Terkait layanan puskesmas UGD 24 jam, Walikota menambahkan, pelayanan yang baru dijalankan pada tahun 2017 akan diterapkan di empat lokasi yakni Puskesmas Cikokol, Sukasari, Batuceper dan Ciledug.

Begitu juga dengan Puskemas dengan UGD 24 jam dan Persalinan, akan diterapkan di 11 lokasi yakni Puskesmas Cibodasari, karawaci baru, jatiuwung, Periuk Jaya, Tanah Tinggi, Poris Gaga, Tanah Tinggi, Kedaung Wetan, Pabuaran Tumpeng, Pondok Bahar dan Cipadu

Sejumlah puskesmas UGD 24 Jam serta UGD 24 Jam dan Persalinan telah diresmikan oleh Walikota Tangerang dan Wakil Walikota Tangerang dalam kegiatan safari pembangunan. Ia berharap agar masyarakat bisa memanfaatkannya.

Begitu juga dengan fasilitas dan layanan lainnya seperti Pelayanan Kesehatan Berbasis Teknologi Informasi hingga membentuk kampung sehat di lingkungan yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang nyaman sebagai tempat hunian.

Editor: Ganet

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga