Senin, 21 Agustus 2017

Banten Gelar 'Banten Travel Mart' Tingkatkan Wisatawan

id Banten Gelar 'Banten Travel Mart' Tingkatkan Wisatawan
Serang (Antara News) - Dinas Pariwisata Provinsi Banten menggelar "Banten Travel Mart" dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara ke sejumlah destinasi wisata di Provinsi Banten.

Kepala Dinas Pariwisata Banten Eneng Nurcahyati di Serang, Rabu, mengatakan Banten Travel Mart akan diselenggarakan selama tiga hari mulai 19 sampai 21 April 2017 di Tanjung Lesung, Pandeglang. Kegiatan tersebut menghadirkan sekitar 150 pelaku usaha pariwisata terutama pengusaha travel dari sejumlah daerah di luar Banten dan dari wilayah Banten termasuk beberapa orang perwakilan luar negeri.

"Tujuan utama kegiatan ini untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan meningkatkan potensi wisata di Banten. Even ini tidak terlepas dari kegiatan bisnis meeting "Tabel Top" yakni tempat bertemunya 'seller' dan 'buyer' para pelaku wisata," kata Eneng Nurcahyati.

Ia mengatakan, seller merupakan para pelaku wisata di Banten dan buyer merupakan para pelaku wisata dari luar Banten di seluruh Indonesia dan luar negeri. Pihaknya bekerja sama dengan asosiasi tour dan travel Indonesia (Assita) Provinsi Banten.

"Nanti dalam kegiatan ini ada transaksi antara penjual dan pembeli melalui kegiatan 'table top' pada hari ke dua kegiatan ini," katanya.

Adapun jumlah seller sebanyak 30 pelaku wisata di Banten yang akan menjual atau mempromosikan pariwisata Banten kepada sekitar 120 pelaku pariwisata dari luar Banten sebagai buyer. Target untuk transaksi diperkirakan sekitar 30 persen berupa transaksi langsung dan sisanya masih berupa penjajagan terlebih dahulu.

Selain itu, kata Eneng, forum bisnis pariwisata tersebut merupakan forum ideal bagi para pelaku pariwisata untuk mendapatkan berbagai informasi terbaru mengenai potensi pariwisata di Banten, membangun jaringan bisnis baru serta mengamati trend pariwisata.

"Pengenalan kawasan ekonomi khusus pariwisata Tanjung Lesung sebagai 10 destinasi prioritas, diharapkan menjadi daya tarik tersendiri untuk para buyer baik dari dalam maupun luar negeri. Tanjung Lesung layak untuk dijual dan dipasarkan sebagai destinasi unggulan di Provinsi Banten dan termasuk sebagai paket wisata internasional," kata Eneng Nurcahyati. 

Editor: Ganet

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga