Sabtu, 21 Oktober 2017

UMB Siapkan Tenaga Kerja Terampil Bidang Pariwisata

id UMB Siapkan Tenaga Kerja Terampil Bidang Pariwisata
Jakarta, (Antara News) - Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta menyiapkan tenaga kerja handal dalam bidang pariwisata melalui program MICE dengan memberikan keterampilan dan wawasan.

Rektor Universitas Mercu Buana Jakarta Arissetyanto Nugroho di Jakarta, Jumat, mengatakan industri pariwisata telah terus tumbuh pesat dan ketersediaan tenaga kerja sektor pariwisata yang handal menjadi kuncinya. Termasuk pula lahirnya pengusaha-pengusaha handal pada sektor pariwisata.

"Pariwisata telah menjadi sumber devisa. Bahkan kecenderungannya telah menggeser sumber devisa dari sektor migas,{ katanya dalam seminar MICEXPRESSION di kampus UMB, Jakarta.

Dari sejumlah data menujukan pertumbuhan pariwisata Indonesia naik. Pada tahun 2016 tercatat sumbangan devisa sektor pariwisata mencapai Rp172 Triliun, dengan jumlah kunjungan wisata mencapai 12 juta orang.

Pada tahun 2017, lanjut dia, jumlah wisatawan Indonesia ditargetkan naik mencapai 15 juta orang. Angka tersebut mampu menyumbang devisa mencapai Rp200 Triliun dengan penyerapan tenaga kerja mencapai 12 juta lapangan pekerjaan baru.

"Kenyataan tersebut menjadi alasan bagi UMB untuk memberikan dukungan sektor pariwisata melalui penyiapan tenaga kerja yang handal," ujarnya.

Dukungan UMB, sambung dia, terwujud melalui program MICE yang menjadi bagian dari penyiapan tenaga kerja pariwisata handal.

Karena melalui program ini mahasiswa diberikan wawasan dan keterampilan lebih dalam tentang pengelolaan pariwisata.

Tentu saja, Rektor berharap mahasiswa program MICE tidak hanya menjadi pekerja pariwisata saja tetapi harus mampu melampui kemampuan tersebut, yakni lahir sebagai pengusaha sektor pariwisata.

"Indonesia ini kaya dengan budaya, seni, alam dan sebagainya. Semua itu potensi untuk dijadikan objek wisata" paparnya.

Founder Ego Global Newort, Harry Dwi Nugraha menegaskan pariwisata telah menjadi kekuatan ekonomi baru bagi sejumlah negara. Termasuk Indonesia yang secara alami memiliki kekayaan pariwisata untuk dikembangkan.

Dia meyakini ketersedian tenaga kerja pariwisata yang handal mampu meningkatkan industri pariwisata Indonesia, bahkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara luas.

"Dukungan infrastruktur memadai dan transportasi yang kuat lebih meningkatkan arus industri pariwisata," ucapnya.

Editor: Ganet

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga