Selasa, 23 Mei 2017

Beranda - KPU Resmikan Rumah Pintar Pemilu Di Lebak

id Beranda - KPU Resmikan Rumah Pintar Pemilu Di Lebak
Lebak, (Antara) - Komisi Pemilihan Umum Pusat meresmikan Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang berlokasi di Kantor KPU Lebak Jalan Abdi Negara Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

"Kami berharap RPP itu sebagai pusat informasi pemilu," kata Komosioner KPU Pusat Wahyu Setiawan di Lebak, Sabtu.

Peresmian RPP itu dihadiri Bupati Iti Octavia, Wakil Bupati Ade Sumardi, Ketua KPU setempat Agus Saparudin dan Dandim Lebak Letkol Arh Syafa Susanto.

Pendirian RPP tersebut merupakan program KPU Pusat yang harus direalisasikan sampai tingkat KPU provinsi, kota dan kabupaten.

Kehadiran RPP itu sebagai pusat media dan informasi pemilu sehingga masyarakat bisa mengetahui seputar pilpres, pilkada dan pileg.

Selain itu juga masyarakat mengetahui tahapan-tahapan sekitar pemilu,termasuk jumlah daftar pemilih tetap (DPT).

Apalagi, saat ini pelaksanaan pemilu pilpres,pileg dan pilkada sudah mendekati.

"Kami yakin pendirian RPP itu dapat mendorong partisipasi politik masyarakat juga pemilih pemula meningkat," katanya.

Ia mengatakan, menjelang Pilkada serentak tahun 2018 tentu KPU setempat harus optimal untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

Untuk mendongkrak partisipasi pemilih tentu harus dimaksimalkan kegiatan penyuluhan maupun sosialisasi kepada masyarakat.

"Kami berharap RPP itu menjadikan pengetahuan masyarakat pada pemilu pilpres, Pilkada dan Pileg menggunakan hak politiknya sebagai warga negara yang baik," katanya.

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengatakan kehadiran RPP dapat meningkatkan peran aktif dan partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak suaranya pada pilpres, pileg dan pilkada.

Saat ini, tingkat partisipasi masyarakat pada pesta demokrasi relatif rendah sehingga perlu dilakukan upaya untuk mendorong peningkatan hak politik masyarakat melalui pembangunan rumah pintar pemilu itu.

Selain itu juga KPU setempat jika mendirikan tempat pemgungutan suara (TPS) yang mudah ditempuh masyarakat.

"Saya kira lokasi TPS itu mudah ditempuh dipastikan tingkat partisipasi masyarakat menggunakan hak pilihnya meningkat," ujarnya.

Editor: Ganet

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga