Sabtu, 21 Oktober 2017

Wika dan Kajima Tingkatkan Kualitas Kembangkan WERI

id Wijaya Karya
Wika dan Kajima Tingkatkan Kualitas Kembangkan WERI
Produk Wika Jembatan Merah Putih, Ambon Maluku. (Arsip)
Proyek besar seperti nuclear power plant, high rise building, bendungan hydropower dan infrastruktur kereta cepat Shinkansen di Jepang merupakan buah karya
Jakarta (Antara News) - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (Wika) menjalin kerja sama dengan perusahaan konstruksi asal Jepang Kajima Corporation (Kajima) mengembangkan Wika Engineering and Research Institute (WERI)  sebagai upaya meningkatkan kualitas pekerjaan.

Direktur Utama Wika, Bintang Perbowo di Jakarta, Jumat, mengatakan, kerjasama yang sedang dijajaki merupakan bagian dari upaya Wika meningkatkan pengetahuan dan kualitas pengerjaan proyek.

"Kajima selama dikenal di Jepang sebagai perusahaan konstruksi handal. Sebagian besar nuclear power plant, high rise building, bendungan hydropower dan infrastruktur kereta cepat Shinkansen di Jepang dikerjakan oleh Kajima. Karya-karya riset Kajima berperan signifikan dalam proyek-proyek tersebut. Kerjasama ini penting agar Wika juga dapat memperoleh manfaat dari alih teknologi dari Kajima," urai Bintang.

Aspek yang menjadi fokus dalam kerjasama kedua perusahaan adalah teknologi pengukuran tanah, teknologi beton, lingkungan dan energi, jelas Bintang.

Bintang juga mengungkapkan,  dari sisi energi, Wika dan Kajima akan mengembangkan teknologi methane fermentation untuk menghasilkan sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan.

Sedangkan, Executive Vice President Kajima Corporation Masayasu Kayano menyambut baik kerja sama ini, serta menilai kedua perusahaan memiliki semangat yang sama untuk berkembang.

"Wika dan Kajima memiliki DNA yang sama yang menjadi kebanggaan karyawan-karyawannya yaitu selalu berusaha untuk berkembang di berbagai aspek khususnya penelitian dan pengembangan dan juga dalam aspek teknologi," jelas Kayano.

Sesuai dengan nota kesepahaman tersebut, Wika dan Kajima akan membentuk gugus tugas bersama untuk mengkaji dan menyusun rencana-rencana kerjasama kedua perusahaan.

Rencana tersebut meliputi penentuan ruang lingkup potensial untuk bekerjasama, mengidentifikasi teknologi spesifik yang akan diadopsi, dan merumuskan strategi dan skema pemasaran untuk berbagi keuntungan yang diperoleh dari teknologi yang diadopsi.

Bintang berharap kerjasama yang dijajaki dapat membuahkan hasil dan mampu menyatukan kedua perusahaan yang memiiki pengalaman panjang di bidang infrastruktur.

"Kerjasama dengan Kajima akan menjadi akselerasi tumbuhnya WERI sebagai pusat riset dan inovasi teknologi sebagai think tank dalam pengembangan bisnis jangka panjang Wika.

WERI ke depan diharapkan menjadi badan yang terus tumbuh dan aktif memberikan terobosan baru dalam teknologi yang menjadi dasar dalam pemetaan dan pengambilan keputusan WIKA dengan visinya untuk menjadi perusahaan terkemuka di bidang EPC dan investasi di Asia Tenggara. 

Editor: Ganet

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga