Senin, 23 Oktober 2017

Kopnus Luncurkan mySyariah Berdayakan Ekonomi Umat

id Kopnus Syariah
Kopnus Luncurkan mySyariah Berdayakan Ekonomi Umat
Kopnus Syariah merupakan suatu badan hukum Koperasi yang didirikan tahun 1999 melalui pengesahan dari Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Cianjur pada 20 Maret 1999. (Arsip)
Diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan umat Islam di Indonesia
Jakarta (Antara News) - Koperasi Rakyat Indonesia Syariah (Kopnus Syariah) meluncurkan layanan mySyariah untuk memberikan nilai tambah bagi anggota serta memberdayakan umat Islam.

"Ekonomi umat merupakan fokus yang dituju Kopnus Syariah karena Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah umat Islam terbesar. Hadirnya Kopnus Syariah diharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan umat Islam," kata Ketua Kopnus Syariah, Heru Agus Wuryanto di Jakarta, Kamis.

Heru menyatakan kesiapan Kopnus Syariah memberikan solusi finansial berbasis syariah yang maksimal bagi anggotanya sesuai visi sebagai arus baru ekonomi Indonesia melalui pemberdayaan ekonomi umat dan prinsip dasar koperasi yang menjunjung tinggi nilai kekeluargaan.

Heru berharap melalui aplikasi MySyariah akan memicu dan memacu terwujudnya arus baru Ekonomi Indonesia melalui pemberdayaan ekonomi umat.

Ia mengatakan, melalui program dana kebajikan yang secara otomatis terkumpul melalui transaksi di aplikasi MySyariah, diharapkan membangkitkan minat masyarakat luas untuk menggunakan aplikasi ini termasuk pengurus masjid, komunitas pesantren dan pengelola panti asuhan. Jumlah mesjid, pesantren dan panti asuhan di Indonesia hingga ratusan ribu jumlahnya.

MySyariah merupakan layanan digital untuk menampung transaksi anggota (umat) sehari-hari seperti pembayaran PLN, Telkom, pembelian pulsa, tiket dan lain-lain sekaligus mereka bisa mengumpulkan dana kebajikan atas transaksi yang dilakukannya untuk mesjid, pesantren atau panti asuhan.

Menurut Bendahara Kopnus, Rahmat, ini merupakan arus baru ekonomi melalui pemberdayaan umat.

Sementara itu, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin saat acara peluncuran mengatakan, turut mendukung usaha ini yang menerapkan mengambil keuntungan hanya 10 persen dan sisanya untuk kegiatan sosial dalam rangka pemberdayaan ummat.

Anggota (pengguna) Aplikasi MySyariah tidak perlu mengubah nominal pengeluaran konsumsinya, hanya dengan memindahkan transaksinya ke aplikasi MySyariah, maka secara otomatis, teralokasi dana kebajikan sebesar 90 persen dari margin/fee (setelah dipotong pajak) yang selanjutnya akan disalurkan ke masjid, pondok pesantren dan yayasan panti sosial sesuai pilihan anggota (pengguna aplikasi ini).

Aplikasi MySyariah ini turut didukung oleh Bank Muamalat dalam penyediaan layanan virtual account untuk top up deposit. Ke depannya, layanan perbankan lain dari Bank Muamalat juga akan diintegrasikan pada aplikasi ini.

Hal ini merupakan salah satu bentuk komitmen Bank Muamalat untuk mendukung pemberdayaan mesjid serta meningkatkan kualitas aktivitas masyarakat dalam bermuamalah.

Kopnus Syariah merupakan suatu badan hukum Koperasi yang didirikan tahun 1999 melalui pengesahan dari Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Cianjur padal 20 Maret 1999.

Soft opening mySyariah digelar di di Ballroom, Hotel Fairmont, Senayan, pada 10 Oktober 2017.

Editor: Ganet

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga